Gallery Umroh adalah Blog yang membahas tentang apa saja yang berkaitan dengan haji umroh atau apa saja yang anda cari tentang seru nya mengetahui Fakta-fakta unik Negri yang penuh Sejarah

Haramain

Haramain
Indahnya Ibadah di Tanah Suci

5 Langkah Berkurban Saat Haji - Jama'ah Haji Harus Tau!



Berkurban sangat baik dilakukan, banyak orang muslim yang sengaja melakukannya pada hari tertentu, pengertian kurban sendiri ialah yang berarti dekat atau mendekatkan atau juga disebut udhhiyah atau dhahiyyah, secara harfiah berarti hewan sembelihan. Ritual ini hanya dilakukan oleh pemeluk agama islam, yang dimana mereka menyembelih hewan kurban dan dipersembahkan pada Allag SWT. Berkurban ini biasanya dilakukan di bulan dzulhijjah pada tanggal 10, 11, 12, dan 13 atau biasanya di sebut hari tasyrik, bertepatan dengan hari raya idul adha.

Banyak para ulama yang menjelaskan bahwa menyembelih hewan kurban pada hari idul adha lebih utama dari pada sedekah yang sesuai atau lebih baik dari sedekah yang lebih banyak dari pada harga hewan kurban, karena arti terpenting dari kurban ialah mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Dalam haji berkurban tidak termasuk rukun dan wajib haji, namun berkurban dalam ibadah haji di lakukan adakalanya sebagai pembayaran dam (denda) atau bukan dam (denda). Untuk pembayaran dam, penyembelihan di lakukan di Mina pada tanggal 10 dzulhijjah, sedangkan yang bukan dam dapat dilaksanakan dimana saja, di mulai usai dari shalat idul adha sampai akhir hari tasyrik.

Ditanah suci ada 2 tips berkurban yang dapat anda lakukan:

(1) Dengan cara kolektif atau menitipkan kepada seseorang.
(2) Melakukan sendiri.


Anda yang lebih memilih untuk di titipkan, anda hanya perlu memberinya uang kepada orang yang anda titipkan, sedangkan jika anda memilih untuk melakukannya sendiri, saya mempunyai petunjuk yang dapat anda gunakan.

(a) Saat anda berada di Mina, anda akan sangat mudah mencari papan petunjuk lokasi rumah pemotongan hewan (slaoghter house).

(b) Ikuti papan petunjuk tersebut, maka anda akan menemukan bangunan tempat pemotongan hewan.

(c) Kemudian anda dapat memesan hewan kurban di penjaga loket yang tersedia, order yang dilakukan melalui smartphone dan tanda bukti pemesanan di cetak.

(d) Setelah mendapat struck, anda dapat langsung masuk ke dalam untuk menuju lokasi kandang kambing, dan struck akan di tukar dengan kupon.

(e) Pilihlah kambing yang anda inginkan, setelah itu anda dapat memotong sendiri, atau dapat menyerahkan ke petugas.

(f) setelah usai, anda menuju ke pintu keluar untuk pengambilan jatah daging, namun anda juga dapat tidak mengambil jatah daging terdebut.


Jika Anda tidak memilik waktu yang cukup  atau anda kesulitan mencari lokasi tempat pemotongan qurban di sana, :
- Jika Anda berangkat haji dengan rombongan, pasti memiliki Tour Leader atau pembimbing, Anda bisa menitipkan uang sejumlah 300 Dollar untuk biaya pembelian qurban kepada pembimbing anda.

Kemudian anda tak usah khawatir karena pembimbing anda yang akan mengurus qurban anda ke lokasi pembelian dan pemotongan qurban.

Itulah tips dan cara berkurban saat haji. semoga anda mendapatkan Haji yang Mabrur.


You Might Also Like:

Tambahkan Komentar Sembunyikan

Hallo Teman-teman!

Gallery Umroh adalah Blog yang membahas tentang apa saja yang berkaitan dengan haji umroh atau apa saja yang anda cari tentang seru nya mengetahui Fakta-fakta unik Negri yang penuh Sejarah.

PENGEN TAU TERUS FAKTA UNIK LAINNYA? YUK SUBSCRIBE

© 2018 Gallery Umroh - Template Created by Gallery Umroh- Proudly powered by Golden Firdaus