Gallery Umroh adalah Blog yang membahas tentang apa saja yang berkaitan dengan haji umroh atau apa saja yang anda cari tentang seru nya mengetahui Fakta-fakta unik Negri yang penuh Sejarah

Haramain

Haramain
Indahnya Ibadah di Tanah Suci

6 Tempat Unik di Makkah Hanya ada Satu Didunia


Apabila anda sedang melaksanakan ibadah haji ataupun umroh, Jangan lupa mengunjungi tempat-tempat wisata yang ada disana karena tempat-tempat wisata disana tidak kalah menarik dengan tempat-tempat wisata dinegara lainnya. Berikut beberapa referensi tempat wisata yang dapat anda kunjungi ketika anda berada dikota mekah :

1.    Jam raksasa (Mekkah royal clock tower)

Jam yang memiliki ukuran super besar ini tentunya sangat menarik daya tarik para wisatawan mancanegara. Bangunan jam ini adalah bangunan pencakar langit tertinggi kedua setelah bangunan yang ada di dubai yaitu burj khalifah. Jam ini memiliki tinggi  600 meter dengan diamater lingkaran jam 40 meter. Diameter ini mengalahkan jam Cevahir Mall di Istanbul yang hanya 36 meter, dan mengalahkan jam yang ada di big ben London. Jam yang sangat besar ini tentunya menjadi ikon kota arab Saudi karena jam ini dapat dilihat dari jarak yang sangat jauh yaitu 25 kilometer.


2.    Masjidil Haram

Setiap kaum muslimin yang melaksanakan ibadah haji maupun umroh tentunya akan mengunjungi masjidil haram karena dalam rukun haji dan umroh ada yang dilakukan di masjidil haram yaitu mengelilingi ka’bah (thawaf) dan belari-lari kecil dari safa ke marwah(Sa’i). Banyak hal di luar ibadah yang bisa dikagumi di dalam masjid yang bernilai sejarah ini, terutama Ka’bah, Hajar Aswad (Batu Hitam, The Black Stone) yang “menempel” di Ka’bah, Maqam Ibrahim (jejak kaki Nabi Ibrahim a.s.), Hijr Ismail (lokasi rumah Nabi Ismail a.s. sekaligus tempat dimakamkannya sang ibunda, Siti Hajar), Sumur Zamzam, Mizabe Rahmah (kanal air zamzam), Multazam (tempat doa diijabah).


3.    Gua Hira’

Gua hira’ ini berlokasi dijabal nur kalau dari mekah untuk menuju gua hira’ ini harus menembuh jarak 2 mil. Gua hira ini adalah tempat pertama kali  Nabi Muhammad saw menerima wahyu yang diturunkan oleh Allah swt melalui malaikat jibril. Nabi Muhammad saw sangat menyukai gua ini, gua ini sering digunakan oleh nabi muhamda saw untuk menyendiri  pada saat belum banyak kaum yang mengenal dan mem[parcayai adanya Allah. Untuk kalian yang ingin berwisata ke gua hira’ pastikan memiliki fisik yang sehat dan bugar karena meskipun tidak terlalu tinggi medan untuk menempuh gua ini cukup menanjak dan terjal.


4.    Badr

Badr adalah sebuah pemukiman yang terletak diantara kota mekah dan madinah. Banyak para syuhada’ yang dimakamkan di badr, Dekat lokasi pemakaman syuhada Perang Badr ini ada Masjid Al-Arish. Di masjid inilah Nabi Saw dan para sahabat menunaikan shalat selama perang.

Badr adalah sebuah padang pasir yang sangat indah Kamu akan menemukan hamparan pasir halus yang luas, tanpa sentuhan kerikil, bebatuan, ataupun rumput di padang Badr. Cocok sekali untuk kamu yang hobi berfoto dengan landscape background yang cantik .

5.    Gua Tsur – Jabal tsur

Gua tsur ini adalah tempat bersembunyinya Rosulullah saw dan abu bakar dari kejaran kaum kafir quraisy saat hendak hijrah ke Madinah. Di gua tsur yang tandus ini Rosulullah dan abu bakar bersembunyi selama tiga hari tiga malam.

Berjarak lima kilometer dari Kota Makkah, gua Tsur merupakan barisan bukit batu dan merupakan perbukitan tertinggi di Mekah. Gunung Tsur memiliki tiga puncak yang bersambungan dan berdekatan. Di salah satu puncak Jabal Tsur itulah terdapat Gua Tsur. Dahulu banyak jamaah haji yang naik ke Jabal Tsur dan melihat Gua Tsur.

Namun, kondisi medan bukit yang terjal, serta waktu tempuh yang cukup lama, sekitar 2-3 jam untuk mencapai gua, membuat pemerintah Arab Saudi mengeluarkan larangan naik ke Jabal Tsur. Jamaah kini hanya bisa menyaksikan Jabal Tsur dari bawah bukit.



6.    Jabal Rahmah

Jabal rahmah yang berarti gunung yang penuh rahmat atau gunung kasih sayang ini adalah  tempat dipertemukan kembali antara nabi Adam dan Hawa setelah mereka diturunkan ke bumi selama 100 tahun. Diatas gunung ini terdapat tugu sebagai tanda pertemuan antar nabi Adam dan Siti hawa.
Ada keyakinan, tempat ini merupakan “tempat terbaik” untuk berdoa meminta jodoh. Dikatakan, apabila seseorang berdoa di atas bukit ini untuk meminta pendamping hidup, niscaya doanya dikabulkan Allah. Wallahu a’lam bish-showabi.



    Nah itulah beberapa tempat wisata yang dapat anda kunjungi ketika anda pergi ke mekah, Apabila anda menunaikan Ibadah Umroh anda akan di ajak oleh pihak biro travel Umroh yang anda pilih, ke tempat yang disebutkan di atas.

Wujudkan niat anda ke tanah suci sekarang juga.

You Might Also Like:

Tambahkan Komentar Sembunyikan

Hallo Teman-teman!

Gallery Umroh adalah Blog yang membahas tentang apa saja yang berkaitan dengan haji umroh atau apa saja yang anda cari tentang seru nya mengetahui Fakta-fakta unik Negri yang penuh Sejarah.

PENGEN TAU TERUS FAKTA UNIK LAINNYA? YUK SUBSCRIBE

© 2018 Gallery Umroh - Template Created by Gallery Umroh- Proudly powered by Golden Firdaus