Gallery Umroh adalah Blog yang membahas tentang apa saja yang berkaitan dengan haji umroh atau apa saja yang anda cari tentang seru nya mengetahui Fakta-fakta unik Negri yang penuh Sejarah

Haramain

Haramain
Indahnya Ibadah di Tanah Suci

6 Fakta Maqam Ibrahim Menjadi Saksi Bisu Perjuangan Nabi Ibrahim AS


Tahukah Anda ? Pasti sebagian dari anda mengira Maqam Ibrahim adalah kuburan Nabi Ibrahim AS, dan anda mungkin bertanya-tanya, bukan kah tidak boleh kuburan ada di dalam masjid?, ini dia jawabannya.
 
Exactly, Maqam Ibrahim adalah bangunan yang mencakup batu lebar kecil yang terletak kurang lebih 20 hasta disebelah timur ka’bah. Tempat ini bukanlah tempat kuburan nabi Ibrahim sebagaimana dugaan kebanyakan orang melainkan ini adalah tempat nabi Ibrahim pernah berdiri sewaktu beliau membangun ka’bah disamping putranya yaitu nabi Ismail memberikan bongkahan-bongkahan batu kepada beliau dan atas izin Allah bekas pijakan nabi Ibrahim meninggalkan bekas dan masih ada hingga saat ini, bekas kaki tersebut memiliki ukuran panjang 27 cm dan lebar 14 cm. Jika anda pergi menunaikan Ibadah Haji atau Umroh sudah di pastikan anda akan menjumpai Maqam Ibrahim ini.
 
Tempat ini yaitu bangunan kecil yang didalamnya terdapat sebuah batu yang diturunkan oleh Allah dari surga bersamaan dengan batu hajar aswad. Batu prasasti ini memiliki bentuk kotak dan memiliki lubang diatasnya, bangunan kecil ini terletak disisi timur ka’bah.

Maqam Ibrahim merupakan saksi bisu perjuangan nabi Ibrahim membangun ka’bah, Ali bin abi thalib berkata “ Ibrahim as melangkah diiringi malaikat, awan, dan burung. Mereka adalah petunjuk hingga Ibrahim as menempati baitul haram, sebagaimana laba-laba menempati rumahnaya, beliau melakukan panggilan dan memunculkan fondasi dasarnya sebesar punggung unta, batu itu hanya dapat digerakkan oleh 30 orang laki-laki”. 

Maqam Ibrahim memiliki beberapa fakta yang jarang diketahui oleh orang-orang, berikut beberapa fakta tersebut :

1)     Tinggi maqam Ibrahim adalah 20 cm , kedalaman jejak kaki nabi Ibrahim yang pertama adalah 10 cm dan yang kedua adalah 9 cm.

2)    Maqam Ibrahim ditemukan tepa di depan pintu masuk ka’bah.

3)    Batu yang dipijaki oleh nabi Ibrahim saat membangun ka’bah berubah menjadi lembut dan halus sehingga kaki nabi Ibrahim tenggelam dan meninggalkan jejak yang ada hingga saat ini di sisi timur ka’bah

4)    Tempat berdirinya nabi Ibrahim saat memanjatkan doa kepada Allah  setelah selesai mebangun ka’bah. Maka dari itu ketika putaran ketujuh thawaf selesai dianjurkan untuk melakukan shalat dua rakaat di tempat ini.

5)    Allah memerintahkan umat islam untuk berdoa disamping maqam Ibrahim seperti yang dijelaskan dalam sebuah surat didalam alquran yang berarti “ Dan ambillah dari tempat berdiri Ibrahim tempat untuk berdoa”.

6)    Selama masa pemerintahan umar bin khata beliau memindahkan tempat itu ke sebelah timur sehingga tidak menghalangi orang-orang yang hendak melakukan thawaf, tanpa menghalangi individu yang hendak berdoa setelah melakukan thawafnya.
 
Mau Tau Juga tentang Beberapa Keutamaan Maqam Ibrahim? Yuk Simak Sebentar Video
 
 

Nah itulah beberpa fakta tentang maqam Ibrahim, semoga anda semua diberi kesempatan untuk mengunjungi Maqam Ibrahim agar bisa melihat langsung pijakan kaki Nabi Ibrahim AS.
 

Yuk Wujudkan Mimpi anda ke Tanah Suci dengan Menunaikan Ibadah Umroh.
Semua Bisa Umroh!
Ingin Daftar Umroh Langsung Berangkat dengan Harga sangat Terjangkau?

You Might Also Like:

Tambahkan Komentar Sembunyikan

Hallo Teman-teman!

Gallery Umroh adalah Blog yang membahas tentang apa saja yang berkaitan dengan haji umroh atau apa saja yang anda cari tentang seru nya mengetahui Fakta-fakta unik Negri yang penuh Sejarah.

PENGEN TAU TERUS FAKTA UNIK LAINNYA? YUK SUBSCRIBE

© 2018 Gallery Umroh - Template Created by Gallery Umroh- Proudly powered by Golden Firdaus