Gallery Umroh adalah Blog yang membahas tentang apa saja yang berkaitan dengan haji umroh atau apa saja yang anda cari tentang seru nya mengetahui Fakta-fakta unik Negri yang penuh Sejarah

Haramain

Haramain
Indahnya Ibadah di Tanah Suci

Ini Dia 7 Persiapan Wukuf di Arafah, Jama'ah Haji Harus Siapkan Sebaik Mungkin!



Tahukah Anda? kenapa Jika anda pergi menunaikan ibadah Haji harus benar-benar menyiapkan segalanya terutama ilmu dan mental. Karena Ibadah Haji adalah Ibadah Puncak keislaman kita. 

Kali ini saya akan membahas tentang Rukun Haji yang selalu di tunggu-tunggu bagi para jama'ah Haji, yaitu Wukuf di Arafah. Apa itu Wukuf di Arafah?

Padang Arafah sendiri adalah tempat terbuka dan luas di sebelah timur luar di sebelah timur luar kota suci umat islam di Makkah, Arab Saudi. Di padang yang luas ini pada siang hari tanggal 9 Dzulhijjah, berkumpul lebih dari dua juta umat islam dari berbagai pelosok dunia untuk melaksanakan kegiatan dalam ibadah haji yaitu ibadah wukuf.

Biasanya ini disebut hari Arafah dan merupakan hari ke 2 dalam ritual ibadah haji yang istimewa, dikarenakan pada hari itu Allah SWT membanggakan hamba-Nya yang berkumpul di Arafah kepada para malaikat. Arafah merupakan nama sebuah gunung, tempat dimana Nabi Muhammad SAW berpidato di depan kaumnya untuk yang terakhir kalinya.

Keistimewaan pada hari Arafah adalah hari di sempurnakannya agama islam dan nikmat, hari ied (perayaan) kaum mukminin, puasa hari Arafah akan mengampuni dosa 2 tahun, dan hari Arafah adalah jari pengampunan dosa dan pembebasan dari siksa neraka.

Dalam kamus penerjemahan, kata Arafah berarti "mengetahui", Namun terdapat beberapa alasan di dalam penamaan Arafah terhadap tempat ini

a. Tempat ini merupakan tempat berkumpulnya pada manusia yang ingin saling mengetahui satu sama lain (ta'aruf) 

b. Tempat ini merupakan tempat dimana Nabi Adam dan sang istri Hawa pertama kali bertemu, setelah diturunkannya ke bumi.

Jarak antara padang Arafah dengan Masjidil Haram ialah 22 km. Jika musim haji telah usai, padang pasir Arafah ini sangat sepi, hanya terdapat bebatuan yang menumpuk hingga menyerupai bukit-bukit kecil.

Untuk menuju padang pasir Arafah, para jamaah harus menaiki bus dan melewati Mina serta Muzdalifah atau juga dapat menaiki alat transportasi lain seperti kereta api, kereta api ini bernama Al Mashaaer Al Mugaddasah, kareba sepinya kondisi di padang pasir Arafah, maka kereta ini hanya beroperasi saat Puncak haji saja.

Dan sebelum memasuki Arafah, ada hal-hal yang perlu anda persiapkan 
 
(1) Membawa tas ransel ukuran sedang.
(2) Persiapan baju dab cemilan secukupnya.
(3) Memperhatikan cuaca agar baju yang dibawa sesuai
(4) Jamaah akan dikelompokkan, dalam satu kelompok terdapat 45 jamaah dab 2 mutawif / pemandu.
(5) Memperdalam manasik haji.
(6) Waktu wukuf di mulai dari waktu Dzuhur hingga terbenam matahari. 
(7) Persiapkan Do'a Sebaik dan Sebanyak Mungkin karena Allah akan membuka pintu langit untuk terkabulnya do'a.

Jika tanggal 9 Dzulhijjah disebut hari Arafah, maka pada tanggal 8 Dzulhijjah di sebut haji Tarwiyah yang berarti merenung atau berfikir, dan yang ada kaitannya dengan mimpi Nabi Ibrahim as yang menyembelih sanga putra Nabi Ismail as. 

Yuk Kita Lihat Langsung cuplikan bagaimana keadaan Padang Arafah saat Umat Muslim sedunia menunaikan Ibadah  Haji.



Itulah Sekilas tentang Wukuf di Padang Arafah ssat menunaikan ibadah Haji, Semoga kita diberikan kesempatan untuk berhaji dan berdo'a di padang arafah. amiin.


Tanpa menunggu bertahun-tahun bahkan puluhan tahun untuk mewujudkan impian anda pergi Haji ke tanah suci.

Daftar Sekarang Haji 2019
 

You Might Also Like:

Tambahkan Komentar Sembunyikan

Hallo Teman-teman!

Gallery Umroh adalah Blog yang membahas tentang apa saja yang berkaitan dengan haji umroh atau apa saja yang anda cari tentang seru nya mengetahui Fakta-fakta unik Negri yang penuh Sejarah.

PENGEN TAU TERUS FAKTA UNIK LAINNYA? YUK SUBSCRIBE

© 2018 Gallery Umroh - Template Created by Gallery Umroh- Proudly powered by Golden Firdaus