Gallery Umroh adalah Blog yang membahas tentang apa saja yang berkaitan dengan haji umroh atau apa saja yang anda cari tentang seru nya mengetahui Fakta-fakta unik Negri yang penuh Sejarah

Haramain

Haramain
Indahnya Ibadah di Tanah Suci

Lakukan 4 Tips Ini Jika Anda Ingin I'tikaf di Masjidil Haram ! 2018



Sebelumnya saya akan bertanya, Mengapa Anda ingin beri'tikaf di Masjidil Haram? Silahkan anda Jawab dalam hati, Jika anda belum mempunyai jawaban maka anda wajib membaca artikel ini.

Tahukah anda tentang apa itu I'tikaf ? 

I'tikaf berarti berdiam diri di dalam masjid dalam rangka untuk mencari keridhaan Allah SWT dan bermuhasabah (intropeksi) atas perbuatan-perbuatannya. I'tikaf dilakukan pada 10 malam hari terakhir bulan Ramadhan yang bertujuan untuk mencari malam Lailatul Qadar, yang terjadi pada malam-malam ganjil dan meneladani apa yang dicontohkan oleh Rosulullah SAW. Seseorang yang beri'tikaf disebut mutakif.

I'tikaf memiliki dua macam yaitu sunnah dan wajib. Untuk i'tikaf sunnah, adalah dilakukan secara suka rela semata-mata ingin tahu mendekatkan diri kepada Allah SWT dan mengharap ridho-Nya. Sedangkan yang wajib ialah i'tikaf yang dilakukan karena adanya nazar (janji) kepada Allah.

Untuk waktu i'tikaf wajib tergantung pada berapa lama waktu yang dinazarkan, sedangkan i'tikaf sunnah tidak ada batasan waktu tertentu, kapan saja pada malam atau siang hari, waktunya boleh lama atau singkat.
Ya'la bin Umayyah berkata "sesungguhnya aku berdiam satu jam di masjid tak lain hanya untuk beri'tikaf ".

Untuk para jamaah yang berada di tanah suci khusus nya yang berada di Masjidil Haram Makkah, Arab Saudi. Suasana di sana pasti sangat ramai, karena banyaknya para jamaah yang berbondong-bondong untuk mengikuti kegiatan i'tikaf bersama.

Menjalankan ibadah i'tikaf tidak semudah yang anda bayangkan, karena 10 hari itu tidak sebentar. I'tikaf memiliki peraturan yang tidak dapat dilanggar, seperti meninggalkan masjid dengan sengaja, murtad (keluar islam), hilangnya akal atau gila, haid atau nifas, bersetubuh dengan istri.

Seseorang yang mendapatkan kesempatan beri'tikaf di tanah suci adalah suatu nikmat yang luar biasa. Para jamaah yang membludak ketika 10 malam hari terakhir bulan Ramadhan, semua rencana i'tikaf yang anda susun tidak selalu berjalan mulus, oleh karena itu, agar rencana ibadah i'tikaf anda berjalan lancar, saya mempunyai  tips-tips yang dapat anda terapkan. 

(1) Persiapkan diri mengantisipasi suasana padat pada setiap malam ganjil.
(2) Datanglah 1 atau 2 jam sebelum magrib.
(3) Mempersiapkan atau membawa makanan sahur, karena jika anda keluar dari masjid untuk membeli makanan, anda sudah tidak dapat kembali lagi.
(4) Anda harus berpandai-pandai mengatur waktu tidur,  agar dapat mengikuti alur ibadah yang berada di Masjidil Haram. 

Yuk Liat Cuplikan Suasana Jama'ah ketika sedang I'tikaf di Masjidil Haram 



Itulah tips yang dapat anda terapkan juga, dan semoga bermanfaat.

Anda Ingin Merasakan Nikmatnya memburu pahala 10 hari terakhir ramadhan di Masjidil Haram?
Tentunya dengan anda mengikuti program Umroh I'tikaf Ramadhan, anda juga bisa merasakan luar biasa perayaan iedul fitri di Kota suci Makkah.

You Might Also Like:

Tambahkan Komentar Sembunyikan

Hallo Teman-teman!

Gallery Umroh adalah Blog yang membahas tentang apa saja yang berkaitan dengan haji umroh atau apa saja yang anda cari tentang seru nya mengetahui Fakta-fakta unik Negri yang penuh Sejarah.

PENGEN TAU TERUS FAKTA UNIK LAINNYA? YUK SUBSCRIBE

© 2018 Gallery Umroh - Template Created by Gallery Umroh- Proudly powered by Golden Firdaus