Gallery Umroh adalah Blog yang membahas tentang apa saja yang berkaitan dengan haji umroh atau apa saja yang anda cari tentang seru nya mengetahui Fakta-fakta unik Negri yang penuh Sejarah

Haramain

Haramain
Indahnya Ibadah di Tanah Suci

4 Fakta Luar Biasa Kiswah Ka'bah Sejak Zaman Nabi Ismail AS sampai Sekarang! - 2018


       Tahukah Anda? Kiswah atau kain penutup ka’bah berfumgsi untuk melindungi ka’bah dari kotoran, debu dan panas. Kiswah merupakan sesuatu  yang sangat istimewa mulai dari pembuatanya hingga pemasangannya dilakukan dengan cara yang istimewa. Tak heran jika banyak orang yang ingin mengetahui proses pembuatan kiswah, hal ini terbukti dari banyaknya jamaah haji yang pergi mengunjungi pabrik pembuatan kiswah saat melakukan ibadah haji. Berikut adalah keistimewaan kain kiswah :

1.    Kiswah sudah ada sejak zaman nabi Ismail a.s

Kain kiswah atau penutup ka’bah bukanlah barang yang baru, karena kain kiswah ini telah ada sejak zaman nabi Ismail. Kiswah telah memiliki fungsi yang sangat penting hingga diikuti oleh penerus-penerus nabi Ismail, namun kiswah zaman dahulu tidak seistimewa kiswah di zaman sekarang.
 
2.    Tidak berwarna hitam sejak awal

Kiswah yang pertama bukan terbuat dari kain tenun (bukan kiswah dizaman nabi ismail) melainkan dari yaman. Pada masa khalifah Harun Ar-rasyid kiswah dibuat dengan dasar warna putih sementara itu pada masa khalifah an-nasir dari bani abbasiyah (sekitar abad 16 M) kiswah dibuat berwarna hijau. Kiswah pun sempat dibuat dengan warna kuning berdasarkan perintah Muhammad ibnu sabakatin dan pada akhirnya disepakati agar kiswah berwarnan hitam hingga sekarang.

3.    Sekarang kiswah menjadi barang yang istimewa

Pada zaman sekarang kiswah menjadi barang yang sangat istimewa karena kiswah terbuat dari 700 kg sutra murni yang dicelup warna hitam, 120 kg benang emas untuk inkripsi ayat-ayat al quran dan 25 kg benang perak. ada 47 potong kain yang digunakan sepanjang 658 m2, masing-masing panjangnya 14 m dan lebarnya 95 cm. Mesin yang digunakan adalah mesin yang sangat canggih mesin yang mampu menjahit 1000 jahitan permenit. Pekerjanya ratusan mulai dari proses pencelupan, tenun listrik, percetakan, border sampai merakit bagian-bagian ynag berbeda. Biaya pembuatan kiswah yaitu sekitar 22 juta real atau setara dengan 65 milyar.

4.    Diganti tiap tahun

Kiswah atau kain penutup ka’bah diganti setiap tahun pada saat fajar tanggal 9 dhulhijjah (musim haji), kain penutup ini mulai dari hijir ismail antara rukun iraki dan rukub syami, kemudian sisi pintu ka’bah antara rukun iraki dan hajar aswad. Dilanjut dengan pada sisi rukun yamani yang terletak antara rukun hajar aswad dan rukun yamani. terahir pada sisi antara rukun yamani dan rukun syami'.

Anda Penasaran ? Yuk Liat Langsung Pabrik Kiswah yang ada di Arab Saudi 



Sudah Baca tentang Misteri tentang Kiswah Ka'bah terungkap? Baca Dulu gih bagi Anda yang belum membaca.

Nah itulah beberapa keistimewaan dari kain kiswah atau kain penutup ka’bah tersebut. Semoga di lain kesempatan kita bisa melihat kain kiswah secara langsung amin.


Anda Ingin lihat langsung pembuatan  kiswah ka'bah di Arab Saudi?
Yuk Umroh Sambil berkunjung ke Pabrik Kiswah Ka'bah

You Might Also Like:

Tambahkan Komentar Sembunyikan

Hallo Teman-teman!

Gallery Umroh adalah Blog yang membahas tentang apa saja yang berkaitan dengan haji umroh atau apa saja yang anda cari tentang seru nya mengetahui Fakta-fakta unik Negri yang penuh Sejarah.

PENGEN TAU TERUS FAKTA UNIK LAINNYA? YUK SUBSCRIBE

© 2018 Gallery Umroh - Template Created by Gallery Umroh- Proudly powered by Golden Firdaus