Gallery Umroh adalah Blog yang membahas tentang apa saja yang berkaitan dengan haji umroh atau apa saja yang anda cari tentang seru nya mengetahui Fakta-fakta unik Negri yang penuh Sejarah

Haramain

Haramain
Indahnya Ibadah di Tanah Suci

7 Keistimewaan Masjid Nabawi - Hanya Satu di Dunia ! 2018


Fakta tentang masjid nabawi, siapa yang tidak mengenal Masjid Nabawi di Madinah?

Anda pasti mengenal masjid nabawi karena masjid ini merupakan salah satau tujuan umat muslim yang melaksanakan ibadah haji maupun umrah, selain itu masjid ini memiliki keindahan arsitektur yang bagus dan menyimpan banyak sekali sejarah kejayaan islam. 

Yuk simak apa aja yang istimewa dari masjid ini, yang tidak akan anda temui dimasjid manapun di dunia.

1) Masjid kedua yang dibangun oleh Rosulullah saw

Masjid nabawi adalah masjid kedua yang dibangun oleh Rosulullah saw setelah masjid quba yang dibangun pada saat perjalanan hijrah dari Mekkah ke Madinah. Masjid Nabawi dibangun pada saat-saat pertama Rosullah Saw tiba di kota Madinah, ditempat beliau mengistirahatkan unta beliau. Masjid Nabawi dibangun di atas tanah wakaf As’ad bin Zurarah, tanah milik anak yatim Sahal dan Suhail yang dibeli seharga 10 dinar, serta tanah bekas makam muslimin yang telah rusak.



2) Masjid terbesar kedua di dunia

Masjid nabawi merupakan masjid terbesar kedua setelah masjidil haram yang berada dikota mekah. 
Masjid nabawi dulu hanya seluas 50 x 50 meter dengan tinggi atap kurang lebih 3,5 meter. Kini luasnya lebih dari 100 ribu meter persegi, sedangkan lantai atas seluas 67 ribu meter persegi dan memiliki luas pelataran 135 ribu meter prsegi dan memiliki daya tampung kebih dari setengah juta jamaah. Masjid nabawi saat ini bahkan lebih luas dari kota madinah dimasa lampau.


3) Masjid nabawi tidak memiliki kubah

Salah satu fakta menariknya adalah Masjid Nabawi tidak memiliki kubah, yang biasa anda liat kubah kecil berwarna hijau sebenarnya itu bukan kubah dari masjid nabawi melainkan kubah yang dibangun diatas makam Rosulullah saw. Kubah hijau ini dibangun pada tahun 1279  oleh seorang sultan mamluk sultan and terbuat dari kayu, dan ada kubah yang lebih kecil dari kubah hijau ini bertuliskan nama Rosulullah saw, Abu Bakar dan Umar bin Khatab.




4) Masjid Nabawi memiliki tiga mihrab

Umumnya semua masjid hanya memiliki satu mihrab yang  menghadap ke arah kiblat. Namun berbeda dengan masjid nabawi karena masjid ini memiliki 3 mihrab yang pertama mihrab yang digunakan untuk imam memimpin sholat , yang kedua mihrab sulaiman atau biasa disebut mihrab al-hanafi yang terletak disebelah barat mimbar, dan mihrab Rosulullah saw yang digunakan saat memimpin sholat yang kemudian digunakan oleh Imam Maliki. Mihrab Masjid Nabawi dibangun pertama kali saat turun perintah Allah swt kepada Rosulullah saw untuk memindahkan arah kiblat dari Baitul Maqdis ke Baitullah, pada 2H.



5) Terdapat makam Rosulullah saw

Disebelah timur Masjid Nabawi terdapat makam Rosulullah saw, tepat dibawah Green Dome. Dahulu makam Rosulullah ialah rumah beliau dengan Siti Aisyah. Disisi makam Rosulullah terdapat makam sahabat-sahabat beliau yaitu Abu bakar dan Umar bin khatab. Disamping makam Rosulullah terdapat makam kosong dan sampai sekarang belum diketahui secara pasti mengapa terdapat makam kosong.



6) Terdapat Roudhoh

Roudloh atau taman surga  merupakan tempat yang stimewa dan  satu-satunya taman surga yang ada di bumi yang terletak didalam masjid nabawi. Roudloh ini terletak diantara rumah Rosulullah saw dan  mimbar beliau. dan Raudhoh in adalah salah satu tempat diijabah nya Do'a kita ketika berdo'a ditempat ini. Raudhoh biasanya ditandakan dengan karpet hijau. Jika karpet di Masjid Nabawi berwarna merah, apabila anda masuk menemukan karpet hijau maka anda sudah memasuki area Raudhoh.

Dalam hadist yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, Rosulullah SAW bersabda “ Diantara rumahku dan mimbarku adalah taman-taman surga dan mimbarku berada di atas telagaku.”




7) Terdapat Mimbar Rosulullah Saw

Mimbar Rosulullah SAW terbuat dari kayu hutan yang diperoleh dari hutan di utara Kota Madinah. Mimbar ini memiliki tiga tingkat. Namun, pada saat Mu’awiyah pergi Haji, beliau menambahkan beberapa tiang pada mimbar tersebut dan meletakkan mimbar yang asli pada bagian paling atas sehingga menjadi 9 tingkat. Namun, karena peristiwa kebakaran di tahun 654H dan 886 H, dibuatlah mimbar baru yang diletakkan persis di tempat mimbar Rosulullah SAW berada,agar umat muslim tetap mengetahui adanya mimbar Rosulullah saw.



Jadi, Jika anda pergi menunaikan Haji dan Umroh jangan lupa anda mengunjungi situs yang luar biasa ini yang tidak ada dimasjid manapun di dunia, Masjid Nabawi ialah satu-satunya yang mempunyai keistimewaan di atas. Selain berziarah, anda juga bisa mengenang masa perjuangan Rosulullah saw dalam dakwahnya, dan menambah keimanan kita. amiin

Semoga Bermnafaat temen-temen.



You Might Also Like:

Tambahkan Komentar Sembunyikan

Hallo Teman-teman!

Gallery Umroh adalah Blog yang membahas tentang apa saja yang berkaitan dengan haji umroh atau apa saja yang anda cari tentang seru nya mengetahui Fakta-fakta unik Negri yang penuh Sejarah.

PENGEN TAU TERUS FAKTA UNIK LAINNYA? YUK SUBSCRIBE

© 2018 Gallery Umroh - Template Created by Gallery Umroh- Proudly powered by Golden Firdaus