Gallery Umroh adalah Blog yang membahas tentang apa saja yang berkaitan dengan haji umroh atau apa saja yang anda cari tentang seru nya mengetahui Fakta-fakta unik Negri yang penuh Sejarah

Haramain

Haramain
Indahnya Ibadah di Tanah Suci

Ini Dia! 9 Fakta Unik Masjidil Haram Jaman Now - Jama'ah Umroh Harus Tau!



Tahukah Anda? Masjidil Haram adalah Masjid Terbesar di Dunia, yang terletak di tanah kelahiran Rasulullah Saw. Seiring berjalannya waktu Masjid ini terus berkembang dan pemerintah Saudi semakin memperluas area masjidil haram karena semakin banyaknya umat muslim di dari seluruh dunia, Alhamdulillah.

Selain keutamaannya yang luar biasa jika sholat di Masjidil Haram ini, ternyata ada fakta-fakta unik yang pasti jarang anda perhatikan ketika berada disana, sesuatu hal unik yang tidak ada di masjid mana pun di seluruh dunia Jama'ah Umroh Harus Tau!

1. Punya 99 Pintu Masuk

MasyaAllah Sangking besar masjid ini sampai memiliki 99 pintu masuk (Seperti Asmaul Husna yang berjumlah 99) yang sangat besar yang disediakan untuk para jama'ah Haji dan Umroh atau siapapun penduduk disekitar masjid yang ingin menunaikan ibadah.

Anda tidak perlu takut tersesat karena setiap pintu ada nomer nya dan banyak peta masjidil haram yang disediakan oleh pengurus masjdil haram.



2. Tempat Wudhu Berkeliaran

Kalau ada yang bilang tempat wudhu cuma ada diluar masjid atau cuma da di halaman masjid, Jangan Salah!, Jika anda sudah berada di daerah masjid paling dalam kemudian anda batal wudhu, anda tidak perlu repot-repot mencari tempat wudhu harus keluar masjid atau bahkan wudhu di keran air minum, karena sudah banyak sekai tempat wudhu dari yang kecil sampai yang besar, dari yang keliatan sampai tempat wudhu yang nyelempit dan tidak kelihatan.





3. Tayangan Video umroh

Petugas Masjid menyangkan  Video Umroh, video para peziarah sedang melakukan thawaf, atau video ceramah yang disampaikan oleh ulama' - ulama'. Fasilitas unik ini berada di dekat pintu gate 74 di sediakan untuk para jamaah yang datang.

Terkadang para Jama'ah umroh datang ke tempat ini tanpa diiringi oleh pembimbing atau muthawif. Tapi biasanya jama'ah umroh dari Indonesia selalu meminta Pembimbing atau Muthawwif untuk mengunjugi tempat ini.



4. Dapat Buku Gratis

Anda Bisa mendapatkan buku gratis yang seringkali dibagikan kepada jama'ah yang berada di masjidil haram, pembagian buku ini biasanya terletak di dekat pintu gate 74 juga ada corner tempat membagikan buku gratis. Buku ini memang di fasilitasi untuk para jamaah secara cuma cuma terdiri dari panduan umroh dan kumpulan doa dalam berbagai bahasa. Anda cukup menyebutkan ingin meminta buku versi negara mana saja  yang anda ingin kan kepada petugas yang membagikan buku gratis.



5. Penerjemah Khutbah dengan Bahasa Isyarat

Bukan hanya Terjemah Khutbah Bahasa asing tapi masjid in mempunyai keunikan yaitu memberikan Fasilitas Khusus bagi anda yang punya keterbatasan seperti Tunarungu (tidak bisa mendengar), jika anda tidak bisa melihat langsung sang penerjemah petugas masjid juga menyediakan spot untuk jamaah yang membutuhkan terjemahan bahasa isyarat di dekat gate 93. walau tempatnya tidak besar, tapi cukup menampung 10 jamaah.

6. Streaming audio terjemahan khutbah jumat

Selain video turial umroh dan buku-buku islami, di dekat pintu gate 74 ini juga ada poster paduan streaming audio terjemahan khutbah lewat ponsel  lho!. Cukup menggunakan ponsel dengan aplikasi radio dan earphone, jamaah dapat mendengarkan khutbah dengan terjemahan langsung untuk area di sekitar gate (King Fahd Area). Bahasa yang di sediakan yaitu Urdu (90.00FM), Melayu/Indonesia(90.50FM), Perancis(99.50FM), Hausa(95.20FM), Turki(95.00FM) dan Inggris(100.00FM). Luar Biasa kan temen-temen.

7. Zam-Zam Berlimpah 

Hampir di setiap shaff tempat sholat di masjidil haram berjejer air zam - zam, semua air minum yang ada di masjidil haram itu air zam-zam yang di distribusikan dengan galon galon yang di isi ulang secara berkala oleh para petugas isi ulang air zam zam yang biasa menggunakan pakaian yang berwana hijau. 

Nah, tempat pengisian ulang atau pom zamzam ini berada di dekat gate 93 juga. Galon yang didistribusikan di isi dengan air zam-zam melalui selang nozel seperti di pom bensin dan airnya disalurkan dari mesin pendingin. Maka dari itu anda tidak perlu khawatir jika anda menyukai air dingin atau sebaliknya air zam zam yang bertebar di sekeliling masjidil haram itu ada yang dingin (bertulisan cold) dan ada yang tidak dingin (not cold), ambil lah sesuai keinginan anda dengan gratis dan bebas.



8. Eskalator untuk main ke atas kuba masjid

Jika anda ingin menikmati indahnya kota makkah dan baitullah dari ketinggian anda bisa naik ke atap masjid dengan menggunakan ekalator yang berada di gate 65 & 66 atau 91 & 92. yaitu area sholat yang paling luas di atap masjid yaitu area King Fahd. tapi di sarankan pada anda untuk tidak naik pada waktu  siang hari  karena cuaca yang sangat panas membuat lantai di area ini sangat panas.





9.  Lantai yang Powerfull dinginnya

Ini dia yang paling anda tunggu-tunggu pastinya ketika perjalanan dari hotel anda menuju masjidil haram yang lumayan jauh, ditambah lagi terik matahari yang sangat panas, anda ingin sampai cepat sampai ke dalam masjidil haram dan menginjak LANTAI yang super powefull dinginnya, barulah tersenyum dan merasaerasa sangat lega sekujur tubuh anda.

Tahukah anda kenapa Lantai di Masjidil Haram ini begitu super dingin, banyak sekali orang yang heran dan bertanya-tanya tentang lantai masjid ini yang sangat dingin, padahal Arab Saudi di kenal dengan negara bersuhu dan cuaca panas. 

Ternyata...
Penyebab kesejukan Lantai di Masjidil Haram ini adalah berkat jenis marmer yang di gunakan oleh arsitektur pada saat pembangunan. Arab Saudi memang mengimpor lantai marmer yang sangat Langka yaitu bernama Marmer Thassos dari Yunani, yang dapat memantulkan panas sinar Matahari.
Wahh MasyaAllah sanga menakjubkan temen-temen.




Mudah-mudahan Anda selalu diberi kesempatan untuk kembali mengunjungi Masjid yang sangat di berkahi dan Berumroh dan Haji oleh Allah Swt. Amiin



Foto Dapat Buku Gratis : Dinavirgianti Blog


























You Might Also Like:

Tambahkan Komentar Sembunyikan

Hallo Teman-teman!

Gallery Umroh adalah Blog yang membahas tentang apa saja yang berkaitan dengan haji umroh atau apa saja yang anda cari tentang seru nya mengetahui Fakta-fakta unik Negri yang penuh Sejarah.

PENGEN TAU TERUS FAKTA UNIK LAINNYA? YUK SUBSCRIBE

© 2018 Gallery Umroh - Template Created by Gallery Umroh- Proudly powered by Golden Firdaus